BERITA

  • SMAN 1 Lawang Gelar Festival Literasi Perpustakaan Kelas

    SMAN 1 Lawang Gelar Festival Literasi Perpustakaan Kelas

    Penulis Achmad TauhidKamis, 3 November 2016 - 10:28

    Malangberita.net  |  Pendidikan – Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lawang gelar acara festival literasi perpustakaan kelas dengan mewajibkan siswa-siswi membaca sebelum proses belajar mengajar di mulai  untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pengetahuan.

    Lufi Pratama Ardyon, kepala perpustakaan SMAN 1 Lawang  mengatakan festival ini untuk  membudayakan siswa gemar  membaca. Bentuknya dengan  pembuatan perpustakaan kelas  di setiap pojok dibuat rak -rak buku yang langsung bisa di akses oleh peserta didik

    Supaat A. Latief, Kepala SMAN 1 Lawang menambahkan, festival literasi ini mewajibkan siswa dengan membaca buku selama 15 menit yang kemudian diresum sebelum PBM. Supaat menambahkan, gerakan literasi SMAN 1 Lawang sebagai pilot projek literasi nasional khususnya di kabupaten Malang.

    Acara ini diikuti oleh semua Kepala SMAN dan SMPN serta lembaga swasta se kabupaten Malang. Pihaknya cukup bangga lembaganya dipilih sebagai awal gerakan literasi sekolah se kabupaten Malang. Dalam mengawali program ini sudah dilakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada guru komite dan wali murid dan stake holder di lingkungan Smanela. Salah satu program literasi dengan mewajibkan siswa membuat cerpen, puisi dan lomba perpustakaan kelas dan hasilnya dari lomba dibukukan ke Smanelpapers dan saat ini sudah  terkumpul ada 50 puisi dan cerpen hasil karya siawa-siswinya.

    “Buku-buku hasil puisi anak-anak, kita bukukan ke SMANELAPERS,” ungkapnya.

    Sedangkan Budi Iswoyo Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang menjelaskan gerakan literasi adalah gerakan budaya membaca. Kegiatan Literasi sebuah budaya dan kebutuhan kita sendiri secara pribadi yang selalu  ingin  mengetahui sesuatu dengan kegemaram membaca. Di jaman era globalisasi yang sangat membantu dalam mendapatkan ilmu pengetahuan dengan mengakses internet sebagai solusi menambah wawasan.

    Budi Iswoyo meminta kepada peserta literasi untuk mengambil yang positif di jaman globalisasi ini. Kepala dinas pendidikan kabupaten Malang meminta siswa se kabupaten Malang menjauhi narkoba dan sex bebas karena akan merusak masa depan.

    Acara literasi yang dihadiri kepala SMA dan SMP se kabupaten Malang juga melakukan pemilihan duta literasi SMAN 1 Lawang  dengan pemenang Kristina Dan Imanuel Aliensandro. *

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks